CORETANSAINS.BLOGSPOT.COM

Apapun akan saya tulis disini agar menjadi sebuah contoh untuk semua yang ingin menjadi blogger sejati...aku akan lebih fokus pada blog ini...sebelum melangkah dalam pembuatan website

Bagan Proses Komunikasi

Diposting oleh Serba-Serbi Tulisan Jumat, 11 Desember 2009

Model Shanon dan weaver

Model Shanon dan weaver ini menyoroti penyampaian pesan berdasarkan tingkat kecermatan dan
mengasumsikan bahwa sumber informasi menghasilkan pesan untuk dikomunikasikan dari seperangkat pesan yang dimungkinkan.Pemancar (Transmitter) merubah pesan menjadi sinyal yang sesuai dengan saluran yang digunakan.
Dalam Model ini sumber informasi adalah otak,Transmitter nya adalah suara dan Receivernya adalah mekanisme pendengaran.Konsep terpenting dalam Model ini adalah Gangguan (Noise), seperti panggilan telepon, music,sirine atau pesta.

Model Westley dan Maclean

Tahun 1957 Bruce Westley dan Malcolm Maclean merumuskan suatu model, Model ini mencakup komunikasi pribadi dan komunikasi massa yang dipengaruhi oleh model Newcomb,selain itu juga oleh model Lasswell dan model Shannon dan
Weaver. Dalam model ini terdapat peristiwa,gagasan,objek dan orang yang tidak terbatas (X1 hingga X00).Dalam model Westley dan Maclean ini terdapat 5 unsur, yaitu objek orientasi, pesan,sumber, penerima dan umpan balik. Sumber A menyoroti suatu objek atau peristiwa dalam lingkungan X dan menciptakan pesan mengenai hal itu (X) yang ia kirimkan kepada penerima (B). yang pada akhirnya penerima mengirimkan umpan balik kepada sumber (fBA).

Bagan Model ABX Newcomb

Theodore Newcomb (1953) memandang komunikasi dari perspektif
psikologi-sosial. Model simetri-Newcomb menggambarkan bahwa seseorang A,menyampaikan informasi kepada orang lain,B,
mengenai sesuatu,X,. Model ini mengasumsikan bahwa orientasi A (sikap) terhadap B dan terhadap X saling bergantung,ketiganya termasuk system yang terdiri dari 4 orientasi.
1. Orientasi A terhadap X, yang meliputi sikap terhadap X sebagai objk yang harus didekati atau dihindari
dan atribut kognitif (Kepercayaan dan tatanan kognitif).
2. Orientasi A terhadap B dalam pengertian yang sama
3. Orientasi B terhadap X
4. Orientasi B terhadap A

Model ini mengisyaratkan bahwa setiap system apapun mungkin ditandai oleh keseimbangan kekuatan dan bahwa setiap perubahan dalam bagian manapun dari system tersebut akan menimbulkan ketegangan terhadap keseimbangan atau simetri, karena ketidakseimbangan atau kekurangan simetri secara Psikologis tidak menyenangkan dan menimbulkan tekanan internal untuk memulihkan keseimbangan


Bagan Model Schramm

Wilbur Schramm memulainya dengan model komunikasi manusia sederhana pada 1954, Model pertama mirip dengan model Shannon and Weaver. Dalam modelnya yang kedua Schramm memperkenalkan gagasan bahwa kesamaan dalam bidang pengalaman sumber dan sasaran-lah yang sebenarnya dikomunikasikan,dan pada Model ketiga menganggap bahwa komunikasi sebagai interaksi dengan kedua pihak yang menyandi, menafsirkan, menyandi balik, mentransmisikan, dan menerima sinyal.
Menurut Wilbur Schramm Komunikasi setidaknya membutuhkan 3 unsur,yaitu Sumber (Source), Pesan (Message), dan sasaran ( Destination ).
Menurut Schramm pula, model ketiganya, jelas bahwa setiap orang dalam proses komunikasi adalah sekaligus sebagai encoder dan decoder.yang konstan menyandi balik terhadap tanda-tanda lingkungan. Misalnya jika anda mendengar teriakan “Api!” maka mungkin anda segera berteriak “Tolong!”.Namun menurut Schramm juga umpan balik bisa berasal dari pesan kita sendiri,issal kesalahan ucapan atau kesalahan tulisan yang kemudian kita perbaiki.



Followers